Home » » Pasar Seni Ancol Adakan Diskusi Pemulihan Seni Budaya

Pasar Seni Ancol Adakan Diskusi Pemulihan Seni Budaya

Written By Ingat Kembali on Senin, 11 Mei 2020 | 18.00

"diskusi ini diselenggarakan untuk membicarakan peran ruang seni budaya dalam proses pemulihan masyarakat dari trauma dan dampak pandemic,"Direktur Pasar Seni Ancol Mia Maria 


Jakarta (INGATKEMBALICOM) – Imbas penyebaran wabah virus covid-19 terdampak juga kepada industri seni dan budaya. Pelaku seni budaya dituntut untuk lebih kreatif lagi mencari beragam cara agar kegiatan ruang seni tetap aktif dan berperan positif.

Menghadapi situasi tersebut, Pasar Seni Ancol menggelar diskusi daring yang 
mengundang para pengelola ruang seni dan budaya di Indonesia untuk berdiskusi di acara 

“Pemulihan Bersama di Ruang Seni Budaya (Collective Healing in Arts and 
Culutural Space)” pada hari Senin, 18 Mei 2020 pukul 10.00 – 12.30 WIB.

Dalam diskusi ini akan dibahas topik-topik seputar strategi baru pengelolaan ruang seni dan program pemulihan masyarakat di ruang seni budaya. 

Bagaimana protokol-protokol baru untuk menyiapkan pengelolaan ruang yang akan dikelola pasca masa pandemik 
serta bagaimana kebutuhan ruang arsitektur di ruang publik. Selain itu bagaimana mengidentifikasi trauma dan kebiasaan baru setelah masa pandemik dan menjadikan ruang seni budaya sebagai platform untuk pemulihan dari trauma sosial.



Mia Maria, Direktur Pasar Seni Ancol mengutarakan bahwa diskusi ini diselenggarakan untuk membicarakan peran ruang seni budaya dalam proses pemulihan masyarakat dari trauma dan dampak pandemic. 

Pembicara yang dihadirkan dalam diskusi ini antara lain: Kartika Jahja (@kartikajahja) yang merupakan Founder Ruang Selatan dan Bersama Project yang merupakan yayasan advokasi persamaan gender lewat karya kreatif. 

Kartika menyediakan ruang 
bagi pemberdayaan kaum minoritas lewat dialog dan dekspresi kreatif. Ia juga perah terpilih sebagai 100 BBC Women 2016. 

Selain itu akan hadir juga David Irianto
(@tygerd) yang merupakan Cofounder Greatmind.id & Simpul Group, Cocurator
IdeaFest, TEDxJakarta dan Pear Press. Ia juga berkecimpung sebagai curator konten untuk Idea-X Surabaya, Asia Pacific Media Forum 2018 dan kegiatan lainnya. 

Imelda Akmal, Founder Imelda Akmal Architecturural Writer Studio (IAAW) juga dijadwalkan hadir dalam diskusi tersebut. Lulusan AA School of Architectures di Inggris ini mendedikasikan waktunya untuk meriset tentang kebutuhan ruang dan menulis berbagai macam buku tentang arsitektur dan interior Indonesia.

Bersama para pembicara tersebut hadir juga tuan rumah Pasar Seni Ancol, Mia Maria (@miamatahari) yang telah berpengalaman sebagai Kepala Bidang Edukasi dan Program Publik Museum MACAN serta co-curator Singapore Biennale 2013, Kepala Bidang Edukasi Jakarta Biennale 2015 serta terlibat dalam tim riset cetak biru Seni Rupa Indonesia, Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif pada tahun 2014. Ia juga sebagai salah satu penerima beasiswa internasional program Arts Leaders Dewan Kesenian 
Australia.

Acara ini tidak dipungut biaya. Peserta dapat mendaftarkan diri dengan mengakses tautan bit.ly/diskusionlinepasarseniancol.(Mnr/Mdf/Kpn/Abo)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : ingatkembali.com Copyright © 2016-2018. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PT.M2C
Proudly powered by Presiden Online