29 Ribu Warga Tiongkok Mendarat di Manado dalam 3 Bulan

Ingat Kembali
Manado (INGATKEMBALICOM) - Terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Maret 2018, jumlah Warga Negara Asing (WNA) yang mendarat langsung dari luar negeri ke Bandara Sam Ratulangi Manado berjumlah 29.653 orang, 17.423 orang diantaranya perempuan.

Kepala Divisi Imigrasi, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum dan HAM Sulawesi Utara, Dodi Karnida mengatakan, dari jumlah keseluruhan tersebut dapat dirinci, penumpang dari Singapura dengan penerbangan Silk Air yang datang secara reguler sebanyak 4 kali tiap minggu berjumlah 3.290 orang.

Kemudian yang datang dari kota-kota di Tiongkok seperti Shenzen, Guang Zhou, Shanghai dengan penerbangan Lion Air dan Citilink sebanyak 26.234 orang.

"Yang lainnya naik pesawat charter dalam rangka kunjungan pribadi, medis, militer, teknikal, pengisian bahan bakar dan lainnya ada 129 orang," kata Dodi, Selasa (3/April/2018) di Manado.

Dia mengatakan, terjadi penurunan dari bulan Februari ke bulan Maret, itu terjadi karena pesawat charter Citilink hanya mengangkut penumpang pada bulan Februari 2018.

Sementara pemeriksaan keimigrasian atas kedatangan mereka selama ini dilayani oleh 3 sampai 4 konter, pemeriksaan tergantung kepada jumlah penumpang yang datang.

"Tetapi selama ini rata-rata setiap penerbangan dari Tiongkok itu penumpangnya sekitar 160 hingga 170 orang," ujar Dodi sambil menambahkan, dengan kondisi itu cukup dilayani oleh 3 orang dalam 3 konter pemeriksaan imigrasi dan waktu pemeriksaan berkisar antara 45 sampai 60 menit.