Indonesia - Korsel Perkuat Kerjasama di Bidang Reformasi Birokrasi

Ingat Kembali
JAKARTA (IngatKembaliCom) - Pemerintah Republik Indonesia dan Republik Korea (Korea Selatan) berkomitmen untuk memperkuat hubungan dan kerja sama bilateral di bidang reformasi birokrasi. Kerjasama itu antara lain dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)  atau yang sering disebut e-Government,  manajemen sumber daya manusia (SDM) Aparatur  dan peningkatan kapasitas ASN.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, H.E. Mr. Kim Chang-beom kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin di Jakarta (29/8).

Penguatan kerjasama akan ditandai dengan penandatanganan MoU  antara Menteri PANRB dengan Menteri Manajemen Personalia Republik Korea dan Menteri PANRB  dengan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea
pada saat kunjungan Presiden RI ke Korea Selatan pada awal September nanti.

Penandatanganan MoU setidaknya menyangkut  bidang SPBE (MoU on Cooperation in the Establishment and Operation of E-Government Cooperation Center)  dan bidang SDM ASN (MoU on Cooperation in the Field of Human Resource Management. “Saya mengharapkan agar nantinya kesepakatan kerja sama tersebut dapat ditindaklanjuti secara konkrit di tingkat teknis sehingga program kerja sama bisa berjalan dengan baik” tegas Syafruddin.


Menteri PANRB juga menyampaikan komitmen Pemerintah RI pada penguatan kerja sama di berbagai bidang dengan Korea Selatan termasuk di bidang ekonomi khususnya terhadap investasi Korea Selatan di Indonesia.

Duta Besar Kim menyatakan bahwa Pemerintah Korea Selatan bertekad untuk terus mengembangkan kerja sama di bidang SPBE dengan mengalokasikan tambahan anggaran untuk bidang tersebut.
“Saya juga menyampaikan apresiasi terhadap kebijakan dan upaya Pemerintah RI terhadap proses perdamaian di Semenanjung Korea. Proses ke arah perdamaian terus berjalan dan saat ini setidaknya tercermin dalam partisipasi bersama kedua Korea pada Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang,” pungkas Duta Besar Kim.