Home » » Komentari Kekurangan Fisik Orang Lain Bisa Dihukum Empat Tahun Penjara

Komentari Kekurangan Fisik Orang Lain Bisa Dihukum Empat Tahun Penjara

Written By Ingat Kembali on Rabu, 28 November 2018 | 14.00

Jakarta (INGATKEMBALICOM) - Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan, pelaku Body Shaming bisa dipidana. Diketahui, body shaming merupakan istilah lain dari mengomentari kekurangan dari fisik orang lain. 

"Perbuatan tersebut akan dikenakan UU ITE pasal 45 ayat 1 dan pasal 27 ayat 3, dapat diancam hukuman pidana enam tahun," kata Dedi di Mabes Polri Jakarta, Rabu 28 November 2018.

Ada beberapa peraturan lain yang bisa dikenakan untuk pelaku body shaming. Beberapa di antaranya pasal 310 KUHP dengan ancaman hukuman pidana sembilan bulan. Kemudian, bisa dikenakan pasal 311 KUHP dengan ancaman empat tahun.


"Karena, kalau yang KUHP hanya diketahui sedikit orang. Ketika di ITE, body shaming diviralkan, jutaan orang bisa melihat. Bisa menganggu secara psikologis dan bahkan sampai bunuh diri," ujar Dedi.

Menurut data yang dimiliki Dedi, ada sebanyak 966 kasus laporan penghinaan dan pencemaran nama baik sepanjang 2018. Dari angka itu, sudah diselesaikan oleh Polri sebanyak 374 kasus.

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : ingatkembali.com Copyright © 2016-2018. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PT.M2C
Proudly powered by Presiden Online