Home » » Boleh Kok Ibu Hamil dan Menyusui Ikut Puasa

Boleh Kok Ibu Hamil dan Menyusui Ikut Puasa

Written By Ingat Kembali on Sabtu, 04 Mei 2019 | 05.00

                            Ibu hamil

"Ternyata tidak ada perbedaan loh Moms tentang kualitas ASI saat berpuasa dan sedang tidak berpuasa"

(INGATKEMBALICOM) - Sebagai ibu hamil dan menyusui, ketika memasuki bulan suci ramadhan, pasti akan selalu terbersit di pikiran kita: "Apakah sanggup untuk berpuasa? Apakah tidak mempengaruhi kualitas ASI? Apakah cukup nutrisi untuk janinku?" dan lain sebagainya, sehingga justru membuat semua itu menjadi kendala jika kita tidak berpikir positif. Selama tidak ada gangguan kesehatan, jika ibu hamil dan menyusui mau ikut berpuasa, kenapa tidak?

Saya mencoba membagikan tips-tips berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui seperti pengalaman saya di dua tahun terakhir ini, di mana pada tahun 2017 saya sedang hamil anak pertama, di tahun 2018 saya sedang menyusui dan tahun ini kembali menyusui anak kedua saya. Semuanya berjalan normal dan puasa tetap lancar walau ada sedikit kendala-kendala, tapi bisa dilewati dengan baik.


Tips bumil dan busui tetap bisa berpuasa di bulan Ramadhan:

1. Jelas sekali bahwa makanan yang kita makan sehari-hari sangat memengaruhi nutrisi janin dan kualitas ASI, sebisa mungkin Moms mengonsumsi makanan lebih dari biasanya, maksudnya lebih adalah ada makanan tambahan yang Moms konsumsi yang gizinya komplit (setiap hari selama puasa).

2. Penting juga  ya Moms untuk minum air lebih banyak dari biasanya atau tambah dengan jus dan madu sebagai suplai tenaga ekstra, serta jangan lupa minum susu setelah sahur dan sehabis berbuka untuk menghindari anemia.

3. Moms bisa ngemil sehat setelah tarwih dan setelah sahur seperti buah-buahan.

4. Istirhatlah lebih banyak, (sebisa Moms), tapi jangan berlebihan ya.

5. Kalau berbuka, minumlah yang hangat-hangat untuk merangsang hormon oksitosin saat menyusui.

6. Moms jangan banyak pikiran tentang mampukah Moms menjalani puasa, karena hal ini akan memperlambat kerja hormon oksitosin.


Saya pun sempat khawatir akan produksi ASI-ku selama puasa, ternyata tidak ada perbedaan loh Moms tentang kualitas ASI saat berpuasa dan sedang tidak berpuasa hanya saja ada penurunan konsentrasi beberapa asam amino dalam ASI, maka diperlukan tips-tips di atas tadi. Sekian tips dari saya, semoga para ibu hamil dan menyusui di luar sana bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk dan lancar jaya yah Moms.


Semoga bermanfaat.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : ingatkembali.com Copyright © 2016-2018. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PT.M2C
Proudly powered by Presiden Online