Aksi Heroik Mencegah Pembakaran Alquran di Norwegia

Ingat Kembali
    Jihad Mencegah Pembakaran Alquran 

     Jihad Mencegah Pembakaran Alquran 

     Jihad Mencegah Pembakaran Alquran 

Norwegia (INGATKEMBALICOM) - Jagat media sosial pada Jumat lalu diramaikan dengan pujian untuk seseorang yang disebut 'pahlawan Muslim' lantaran ia telah berupaya mencegah aksi pembakaran salinan Alquran di Norwegia.

Sebelumnya pada 16 November 2019 lalu,  organisasi anti-Islam di Kristiansand, Norwegia, yang dinamakan Stop the Islamization of Norway (SION) menggelar aksi protes menentang Islam dan berupaya membakar salinan Alquran.

Dilansir di Pakistan Today, Selasa 26 November 2019, salah seorang anggota kelompok sayap kanan ekstrim itu, Lars Thorsen, mencoba membakar salinan Alquran. Hal itu ia lakukan di kota Kristiansand yang berpenduduk Muslim.


Saat kejadian, pria bernama Ilyas Umer melompat ke lingkaran barikade dan berupaya menyelamatkan salinan Alquran itu dari aksi pembakaran. Ia lantas mengarahkan tendangan ke anggota SIAN tersebut. Namun, polisi segera tiba dan melerai perkelahian keduanya.


     Jihad Mencegah Pembakaran Alquran 

    Jihad Mencegah Pembakaran Alquran 

   Jihad Mencegah Pembakaran Alquran 

Aksi Ilyas ini kemudian menuai berbagai pujian di media sosial. Hastag menyebut Ilyas menjadi trending di jejaring sosial Twitter di Pakistan, di antaranya #ilyas_Hero_of_Muslim_Ummah, #Norway, #Defender_of_Quran, #TheGloriousQuran dan Muslim. Kendati begitu, meski sang pahlawan Muslim itu disebut bernama Ilyas di media sosial, namun identitasnya belum terkonfirmasi. 

Selain memuji aksi Ilyas, di media sosial juga ramai dengan ungkapan kekhawatiran atas munculnya Islamofobia di Eropa dan di seluruh dunia. Menurut laporan, dua salinan Alquran itu pada awalnya dilemparkan ke tempat sampah selama aksi protes. Sedangkan Thorsen membakar salinan yang lainnya. 


Aksi yang dipandang sebagai penodaan terhadap Alquran ini pun menuai kecaman berbagai pihak. Termasuk dari sebuah organisasi sosial dan budaya Pakistan Union Norway (PUN). Ketua PUN Chaudhry Qamar Iqbal, dalam sebuah pernyataan, merujuk pada Lars Thorsen. Ia mengatakan, bahwa Thorsen telah melukai perasaan orang-orang Muslim dengan menodai Alquran. Menurutnya, orang Norwegia adalah orang yang damai dan Norwegia menikmati reputasi yang baik di seluruh dunia karena menghormati hak-hak agama lain.