PLN Masih Padamkan 282 Gardu Listrik

Ingat Kembali
    Gardu Aliran Listri 

"Untuk Banten Selatan banjirnya cukup parah, karena banjir bandang dan longsor memutuskan akses jalan," Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka 

Jakarta (INGATKEMBALICOM) - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN terus berupaya menyalakan kembali aliran listrik di wilayah terdampak banjir Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan Banten. Namun hingga pukul 10.00 WIB hari ini, masih 282 gardu listrik yang masih dipadamkan

Mengutip data PLN terbaru, saat ini sebanyak 6.036 gardu distribusi di Jabodetabek kembali dinyalakan dari total 6.318 gardu terdampak banjir. Untuk mempercepat proses pemeriksaan, PLN juga menerjunkan 3.337 personil, termasuk tambahan personil yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Personil tersebut diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan dan penyalaan kembali gardu-gardu distribusi yang aman.

Wilayah yang masih banyak mengalami pemadaman di wilayah Banten Selatan dengan total 86 gardu distribusi. Sementara wilayah lainnya sebagian besar telah menyala.

"Untuk Banten Selatan banjirnya cukup parah, karena banjir bandang dan longsor memutuskan akses jalan di kabupaten lebak. sehingga listriknya belum bisa kami nyalakan," ucap Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka dikutip keteranganya.

Harus Nyatakan Instalasi Listrik di Rumah Aman 

Sebelum menyalakan aliran listrik, PLN memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman. PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir. PLN akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

"Sebelum menyalakan listrik di rumah, warga juga harus berhati-hati, pastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan, karena ini juga berpotensi menyebabkan tersetrum," katanya.

Untuk yang wilayahnya masih mengalami pemadaman, PLN juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan genset.

"Mungkin masyarakat sangat ingin menyalakan listrik, karena listrik PLN belum aman untuk dinyalakan, warga menggunakan genset karena merasa rumahnya sudah aman dari banjir. Padahal instalasi listriknya masih belum aman, ini juga harus diperhatikan, karena berpotensi tersetrum," pungkas Made.



Tags