OKI Kecam Pembukaan Kuil di Bekas Masjid Bersejarah India

Ingat Kembali

"Sekretariat Jenderal mengecam tindakan yang bertujuan menghilangkan landmark Islam yang diwakili oleh Masjid Babri, yang telah berdiri tegak di lokasi tersebut selama lima abad," Lansir situs OKI

Jeddah, Arab Saudi - INGATKEMBALIcomOrganisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengecam pembukaan kuil Hindu yang dibangun di tanah bekas Masjid Babri di Ayodhya, India yang sebelumnya dibongkar. Mereka menilai hal ini telah menghilangkan landmark Islam.

Dalam pernyataannya pada Selasa, 23 Januari 2024 Sekretariat Jenderal OKI menyatakan keprihatinannya atas pembangunan dan peresmian Kuil Rama baru-baru ini di lokasi Masjid Babri. Masjid Babri adalah masjid bersejarah di India yang telah berdiri selama lima abad.

"Sekretariat Jenderal mengecam tindakan yang bertujuan menghilangkan landmark Islam yang diwakili oleh Masjid Babri, yang telah berdiri tegak di lokasi tersebut selama lima abad," bunyi pernyataan seperti dilansir dari situs OKI, Rabu, 24,  Januari 2024

Diketahui, Perdana Menteri India Narendra Modi telah meresmikan Kuil Rama di Ayodhya, Uttar Pradesh, India pada Senin, 22, Januari 2024. Lokasi situs keagamaan ini menjadi topik paling kontroversial di India, menjadi rebutan umat Hindu dan minoritas Muslim selama berpuluh-puluh tahun.

Al Jazeera melaporkan, kuil yang didedikasikan untuk Dewa Rama--salah satu dewa populer dalam ajaran Hindu--tersebut dibangun di atas lahan tempat Masjid Babri yang dirobohkan pada 1992 oleh massa Hindu. Penghancuran masjid abad ke-16 ini memicu kerusuhan terburuk dalam catatan sejarah India yang menewaskan lebih dari 2.000 orang, mayoritas di antaranya adalah Muslim.

Umat Hindu di India mengatakan situs tersebut adalah tempat kelahiran Dewa Rama dan merupakan tempat suci bagi mereka jauh sebelum Muslim era Mughal merobohkan kuil untuk membangun Masjid Babri pada 1528, lapor Reuters.

Pada 2019, Mahkamah Agung India menyerahkan tanah tersebut kepada umat Hindu dan memerintahkan pembagian sebidang tanah terpisah kepada umat Islam untuk pembangunan masjid baru yang belum dimulai hingga kini.

Umat Hindu membangun kuil megah di lokasi tersebut yang akhirnya diresmikan oleh Modi pada Senin, 22 Januari 2024 lalu. Kelompok Hindu menggambarkan peresmian kuil ini menjadi kemenangan politik nasionalis Hindu yang mereka sebut "kebangkitan Hindu" di bawah kepemimpinan Modi.(Na/By/Sa/Ar/Na)

Tags