Home » » Menag: Haji adalah arafah, tempat kita untuk berhenti sejenak

Menag: Haji adalah arafah, tempat kita untuk berhenti sejenak

Written By Ingat Kembali on Kamis, 31 Agustus 2017 | 17.00

IngatKembaliCom-ARAFAH: Puncak haji saat ini tengah berlangsung. Jutaan umat islam menjalani wukuf haji di Arafah. Menteri agama Lukman Hakim Saifuddin sekaligus Amirul Hajj 2017 memberikan pesan kepada seluruh umat muslim.

Lukman menerangkan bahwa wukuf adalah tempat yang sangat mulia, waktunya pun istimewa. Arafah menurut para ulama, Urai Lukman merupakan puncak dari kesadaran setiap umat manusia untuk mengenali siapa dirinya. Sehingga, dia juga mengenal tuhannya.

“Haji adalah arafah. Ini lah tempat kita untuk berhenti sejenak dari seluruh aktivitas keduniawian untuk melakukan instrospeksi diri untuk lebih mengenali diri,” tegas Lukman, Kamis (30//8/2017).

Dalam prosesi wukuf itu, Menag Lukman juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada petugas haji Indonesia. Dalam kesempatan itu, politisi PPP itu juga berterima kasih kepasa pimpinan kementerian dan lembaga tinggi negara yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan haji.

“Kepada seluruh petugas haji, baik yang di tanah air yang juga berkontribusi luar biasa dan petugas haji yang di Saudi, terima kasih saya yang tidak terhingga,” terang Lukman.

Lebih lanjut Lukman mengatakan kepada jamaah bahwa rangkaian ibadah haji masih separoh perjalanan. Ia mengajak unsur penyelenggara mengawal tanggung jawab hingga jamaah kembali ke tanah air. Kita baru setengah perjalanan melaksanakan tugas ini. Setelah Arafah, kita harus mengawal tanggungjawab kita lainnya sampai seluruh jamaah haji kembali ke Tanah Air.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : ingatkembali.com Copyright © 2016-2018. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PT.M2C
Proudly powered by Presiden Online