Home » » Presiden Jokowi Antisipasi dan Atasi Kekeringan Akibat Kemarau

Presiden Jokowi Antisipasi dan Atasi Kekeringan Akibat Kemarau

Written By Ingat Kembali on Selasa, 12 September 2017 | 17.00

IngatKembaliCom-Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan berbagai pihak untuk tidak lengah dalam menghadapi masa kemarau yang mengakibatkan kekeringan di berbagai wilayah di Indonesia akhir-akhir ini. Hal tersebut diungkapkan Presiden saat memimpin Rapat Terbatas di kantornya pada Selasa (12/09/17).

"Saya titip pesan, agar kita tidak lengah untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di lahan gambut seperti pada tahun 2015," ucapnya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Presiden mengetahui benar bahwa kekeringan di tahun ini berbeda dengan di tahun 2015 lalu. Selain itu, BMKG juga melaporkan bahwa musim hujan diprediksi baru akan terjadi pada akhir Oktober 2017 atau awal November 2017. Karenanya, ia memerintahkan kepada semua menteri, gubernur, dan lembaga terkait untuk dapat mengantisipasi dan melihat kondisi yang terjadi di lapangan guna melakukan langkah penting untuk menanggulangi bencana kekeringan.

"Saya minta semua menteri dan lembaga terkait serta para gubernur untuk benar-benar melihat kondisi yang ada di lapangan, dan segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana kekeringan ini," tandas Presiden.

Untuk jangka pendek, Kepala Negara memerintahkan agar dilakukan pemberian air bersih untuk konsumsi dan dilakukan pula pemeriksaan supply air untuk irigasi khususnya pada sawah-sawah yang terletak di wilayah terdampak kekeringan.

"Langkah jangka pendek saya minta dipastikan untuk bantuan dropping air bersih bagi masyarakat yang terkena dampak kekeringan dan saya juga minta dicek terkait supply air untuk irigasi pertanian yang sangat dibutuhkan terutama untuk mengairi lahan-lahan pertanian di daerah-daerah yang terdampak," tegasnya.
Presiden Jokowi juga memerintahkan agar ada antisipasi terhadap ketersediaan stok bahan pangan di beberapa daerah sehingga tidak mengalami kelangkaan dan stabilisasi harga tetap terjaga.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : ingatkembali.com Copyright © 2016-2018. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PT.M2C
Proudly powered by Presiden Online