Protes Wajib Militer 35 Pemuda Ditangkap Polisi

Ingat Kembali
IngatKembaliCom: Polisi Israel menangkap 35 orang dalam unjuk rasa yang digelar kalangan Yahudi garis keras. Unjuk rasa ini bertujuan memprotes wajib militer yang diharuskan untuk kalangan Yahudi ultra-Ortodoks.

Seperti dilansir AFP, Senin (27/11/2017), orang-orang yang ditangkap termasuk mereka yang berusaha memblokir lalu-lintas di Yerusalem. Beberapa orang lainnya ditangkap karena 'menggunakan kekerasan terhadap pasukan keamanan' Israel.

Serangkaian unjuk rasa yang terjadi beberapa bulan terakhir dipicu oleh penangkapan sejumlah pemuda ultra-Ortodoks yang dituding menghindari wajib militer.

Aturan hukum yang berlaku di Israel mewajibkan setiap pria yang berusia 18 tahun ke atas, untuk menjalani masa wajib militer selama 2 tahun 8 bulan. Sedangkan para wanita hanya diharuskan ikut wajib militer selama 2 tahun.

Para pria dari kalangan Yahudi ultra-Ortodoks mendapat pengecualian untuk tidak ikut wajib militer jika mereka sedang belajar agama. Namun mereka masih harus melapor kepada pihak militer untuk mendapat izin pengecualian itu.

Mereka yang tidak mendapat izin pengecualian harus tetap ikut wajib militer dan bisa ditangkap oleh polisi militer jika mereka menolak.

Pada September lalu, putusan dari Mahkamah Agung Israel mencabut hukum yang memberikan pengecualian untuk pemuda ultra-Ortodoks itu. Pengadilan memberikan waktu setahun kepada pemerintah untuk mengajukan aturan baru.