Home » » Perwira Aktif Ikut Pilkada Adanya Celah Dalam Aturan

Perwira Aktif Ikut Pilkada Adanya Celah Dalam Aturan

Written By Ingat Kembali on Sabtu, 06 Januari 2018 | 14.00

IngatKembaliCom-Jakarta, Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 ada fenomena sejumlah perwira tinggi (Pati) aktif dari TNI dan Polri memutuskan ikut serta dalam ajang itu. Namun, menurut Ketua Pemenangan Pemilu Sumatera 1 DPP Partai Golkar, Andi Sinulingga, seharusnya jika sejumlah perwira itu tergiur berkecimpung di dunia politik, maka seharusnya segera melepaskan jabatannya.

"Sebaiknya yang punya dreaming (mimpi) politik. Seharusnya mundur sejak muda dan undur diri," kata Andi Sinulingga dalam diskusi 'Para Jenderal Berlaga di Pilkada' di Gado-gado Boplo, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1).

Menurut Andi, ada celah dalam beleid membuat para perwira aparat keamanan itu mengulur waktu buat melepas jabatan. Dia menyatakan seharusnya hal ini segera dikoreksi supaya tidak terulang.

"Ini harus diatur. Dalam aturan di TNI dan Polri sudah diatur jika ingin mencalonkan seharusnya mengundurkan diri. Tapi kalau di UU Pilkada, ketika sudah didaftar di KPU baru mengundurkan diri," tambah Andi.

Menurut Anggota Komisi Kepolisian Nasional, Irjen Pol Purn. Bekto Suprapto, dalam peraturan lembaga sudah jelas tercantum TNI dan Polri tidak boleh terjun ke politik praktis. Namun, menurut dia celah dalam Undang-Undang Pilkada justru bertolak belakang memberi celah.

"Masalah aturan kaitan dengan TNI dan Polri, jelas tidak boleh berpolitik praktis. Dan siapapun yang mau, tapi UU pilkada, bahwa sudah diterima calon yang tetap. Enggak perlu mundur sebelum ditetapkan. Bagi mereka yang ingin berpolitik. Kan ada dua aturan. Ini masalah hukum," ungkap Bekto.

Bekto juga menilai partai politik seharusnya lebih menjagokan kader-kadernya dalam ajang pilkada, dan tidak menggaet anggota TNI dan Polri. Dia justru menduga program kaderisasi tidak berjalan mulus buat menghasilkan politikus ulung.

"Ini partai politik maunya apa? Kenapa harus narik-narik dari lembaga? Apakah kadernya tidak cukup?," ucap Bekto.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : ingatkembali.com Copyright © 2016-2018. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PT.M2C
Proudly powered by Presiden Online