Buwas: Menteri Kuat Batalkan Impor Bawang Putih Bulog

Ingat Kembali
    Direktur utama perum bulog budi waseso


"Tapi memang ada yang sangat kuat dari baja mungkin," kata Buwas

Jakarta (INGATKEMBALICOM) - Perum Bulog sudah mendapatkan penugasan untuk segera mengimpor 100 ribu ton bawang putih lewat rapat koordinasi antar kementerian yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Namun izin penugasan tersebut belum juga sampai ke tangan Bulog.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau Buwas, pun dibuat jengkel. Menurut Buwas, ada salah satu menteri di Kabinet Kerja yang sengaja menghambat bahkan membatalkan Bulog mengimpor bawang putih. Buwas pun bilang menteri tersebut punya posisi yang cukup kuat. 

"Tapi memang ada yang sangat kuat dari baja mungkin," kata Buwas saat ditemui di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (27/4). 

Buwas memandang menteri tersebut sangat kuat karena bisa menghambat sekaligus membatalkan penugasan pemerintah ke Bulog untuk mengimpor bawang putih.

"Tapi tetap tidak diizinkan Bulog impor, nah ini kan aneh karena apa? sudah dikuasai oleh kartel-kartel bawang putih. Nah seperti ini yang saya bilang artinya perintah presiden pemimpin negara yang tertinggi bisa dibatalkan oleh perorangan oleh anak buah presiden itu aneh dan luar biasa menurut saya. Sekarang menurut saya yang membatalkan itulah yang lebih dari presiden ya atau dia ingin lebih dari presiden itu," tuturnya.

Padahal jika izin tersebut terbit, Bulog segera mengeksekusinya. Bulog juga akan menjual dengan harga standar dan tidak mencari keuntungan lebih karena ini adalah penugasan bukan tujuan komersial. Dengan begitu harga akan terus turun dan inflasi bisa segera diredam.

"Perintah kan sudah ada tapi dibatalkan sepihak ya tanya yang membatali cara berpikirnya bagaimana, saya enggak tahu cara berpikirnya orang itu. Orang itu tidak berpikir negara orang itu berpikir pribadi," sindirnya. 

Tags