Bungkus beng-beng Ada Kata Jadwal Mencinta KPAI Panggil PT Mayora

Ingat Kembali

PT Mayora menjelaskan bahwa edisi ini adalah “sisa” produk. KPAI menyarankan ke depan untuk membuat edisi khusus tentang edisi motivasi


Jakarta (INGATKEMBALICOM) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memanggil perwakilan dari PT Mayora, perusahaan yang memproduksi salah satu makanan jajanan anak yang cukup besar di Indonesia. Pemanggilan tersebut dilakukan sehubungan adanya laporan/pengaduan masyarakat yang masuk kepada KPAI terkait adanya istilah yang multi tafsir dalam Produk Kemasan beng-beng edisi khusus yakni edisi Gombal, yang membuat 

kata-kata “Jadwal Mencinta” http://www.ingatkembali.com/2019/03/bungkus-bengbeng-ada-kata-jadwal.html?m=1.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari PT Mayora oleh Divisi Marketing dan Unsur Pimpinan lainnya, sementara mewakili KPAI dihadiri oleh Pimpinan KPAI, Susanto dan Komisioner Bidang Kesehatan dan NAPZA, Sitti Hikmawatty, Selasa 14 Mei 2019, Jakarta

PT Mayora menjelaskan bahwa edisi ini adalah edisis khusus yang memiliki jangka waktu produksi yang singkat,(3 bulan) dan seharusnya saat ini telah berakhir, namun boleh jadi untuk “sisa” produk, mungkin masih bisa ditemukan, karena kemungkinan belum semuanya terserap oleh pembeli. 

Dijelaskan pula bahwa target segmentasi produk beng-beng ini adalah remaja usia18 – 24 tahun. Jadi semestinya mereka sudah cukup mampu memberikan tafsir positif terhadap kata-kata tersebut. Selain itu, kemasan edisi khusus ini juga telah mendapatkan izin edar dari Institusi BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Pihak KPAI dalam kesempatan itu, yang disampaikan oleh Sitti Hikmawatty, menjelaskan tentang Hak-hak anak berdasarkan Konvensi Hak Anak (KHA), serta kedudukan Hak Anak dalam system perundang-undangan di Indonesia, terutama pada Hak tumbuh kembang secara optimal dan Hak Kepentingan Terbaik bagi anak, salah satunya adalah memberikan stimulasi dan lingkungan (millieu) yang baik, tegas, jelas dan positif agar tercapainya tumbuh kembang yang baik bagi mereka. 

Walaupun anak bukan sasaran utama dari produk Beng-beng, namun karena anak termasuk yang juga menjadi konsumen, dan jumlahnya juga cukup besar, maka penggunaan kata-kata khusus apalagi hingga menjadi sebuah tag line, perlu dipertimbangkan masak-masak. 

KPAI menyarankan ke depan untuk membuat edisi khusus tentang edisi motivasi, dan hal ini disambut baik oleh pihak manajemen. KPAI juga akan melakukan koordinasi dan kerjasama pada pihak BPOM, untuk sama-sama mendukung upaya memberikan jaminan Hak Kepentingan Terbaik bagi anak, pada produk-produk yang diawasi BPOM dan terkait dengan anak.

Lebih lanjut, pihak manajemen PT Mayora akan lebih memperhatikan lagi upaya mendukung Hak Kepentingan Terbaik bagi Anak, sebagai bagian kepedulian perusahaan dalam mendukung Dunia Usaha yang Ramah Anak, terutama melalui produk-produk makanan yang memiliki kaitan erat dengan anak seperti produk Waffer, permen dll, dengan menyisipkan pesan-pesan yang positif pada anak.