RRI Luncurkan Program Andalan Baru

Ingat Kembali


  Kentongan

"berharap melalui 'Kentongan', masyarakat desa lebih paham tentang bencana,"Direktur LLP RRI

Jakarta (INGATKEMBALICOM) - Direktur Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), Mohammad Rohanudin mengatakan, program "kentongan" akan disiarkan ke daerah. Hal tersebut penting untuk meningkatkan kemandirian masyarakat serta tanggap pada bencana.

"Program Kentongan nantinya disiarkan ke daerah. Tujuannya agar masyarakat, khususnya di desa paham tentang konteks bencana. [Selain itu] mandiri untuk tanggap bencana, sehingga tidak terlalu bergantung pada proses penyelamatan dari pemerintah," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Sabtu 07 September 2019

Rohanudin mengatakan, penyiaran di daerah menggunakan bahasa lokal. Selanjutnya, informasi yang diberikan berdasarkan potensi kerawanan bencana di setiap daerah.

"Penyiaran di daerah akan gunakan bahasa lokal untuk lebih mudah dipahami. Tentunya juga kami menyesuaikan informasi dengan potensi kerawanan bencana di masing-masing daerah," pungkasnya.

Intinya, Rohanudin berharap melalui 'Kentongan', masyarakat desa lebih paham tentang bencana. Katanya, memang butuh waktu untuk hal tersebut dan tetap bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mengedukasi masyarakat daerah.