Home » » UAS Manfaat dan Niat Puasa Senin Kamis

UAS Manfaat dan Niat Puasa Senin Kamis

Written By Ingat Kembali on Rabu, 06 November 2019 | 22.00

    Ilustrasi Waktu Menjelang Puasa

"Rasulullah SAW kemudian menjawab,  Hari Senin aku lahir, hari Senin aku dibangkitkan dan hari Senin wahyu diturunkan, dan pada hari Kamis, amal umat manusia selama sepekan diangkat,Aku suka amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa," terang Ustadz Somad saat menyampaikan hadits

Jakarta (INGATKEMBALICOM) - Segala amalan sunnah pastilah memiliki keutamaan dan manfaat. Sunnah yang dicontohkan Rosululloh memang adalah jalan yang bisa ditapaki setiap muslim untuk meraih kebaikan di kehidupan dunia dan akhirat. Salah satu permisalannya adalah ibadah puasa sunah senin kamis. Menunaikan puasa sunah ini, selain dapat memudahkan kita dalam mencapai ridho-Nya juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. 


Menurut UAS, dalam satu hadits, Rasululllah SAW ditanya sahabat mengapa dirinya puasa Senin Kamis.

"Tiga jawabannya. Hari Senin aku lahir, hari Senin aku dibangkitkan dan hari Senin wahyu diturunkan," kata Ustadz Somad menyampaikan hadits tersebut.

Lalu Nabi SAW ditanya mengapa puasa di Hari Kamis? 


"Rasulullah SAW kemudian menjawab, pada hari Kamis, amal umat manusia selama sepekan diangkat pada hari Kamis. Aku suka amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa," terang Ustadz Somad.

Ustadz Somad menceritakan, dirinya pernah bertemu seorang jamaah dan diberikan brosur isinya menjual suplemen.

"Kata dia, suplemen ini bagus untuk tambahan. Dalam brosur itu juga disebutkan ada terapi yang sudah dikembangkan di barat, racun-racun dalam tubuh kita, bisa mati dengan dimakan badan itu sendiri," kata UAS

Anda akan mulai menunaikannya sebetulnya Anda bisa membaca niat dalam hati dengan bahasa apapun. Akan tetapi, memang alangkah baiknya bila niat puasa senin kamis dan doa berbukanya dibaca adalah niat dalam bahasa Arab yang lafadznya sebagaimana berikut.


1. Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latinnya : “Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillahi Tana’ala.” 
Artinya : ”Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”


2. Niat Puasa Sunah Hari Kamis 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latinnya : “Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Taa’ala.” 
Artinya : “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”


Niat puasa senin kamis yang tercantum di atas dapat dibaca ketika malam hari hingga waktu sahur di hari dimana kita akan melaksanakan puasa. Namun, perlu diingat! Ketika akan melaksanakan puasa, pastikan diri Anda bebas dan suci dari hadast besar. Ada baiknya pada sore harinya Anda mandi wajib terlebih dahulu untuk memastikan kesucian diri Anda. 

Aturan dan larangan yang dilaksanakan pada pelaksanaan puasa senin kamis sama seperti ketika Anda melaksanakan puasa Ramadhan. Anda tidak boleh makan, minum, campur dengan pasangan, mengumpat, menggunjing, dan melakukan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa hingga waktu Maghrib tiba. 

Doa Berbuka Puasa Sunah Senin Kamis 

Setelah waktu Maghrib tiba, Anda dapat membatalkan puasa dengan berbuka menggunakan minuman atau makanan yang manis. Sebelum berbuka, baiknya bacalah terlebih dahulu doa berbuka puasa senin kamis yang lafal bacaan latin dan artinya sebagaimana berikut:


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latinnya : “Allaahummalakasumtu, Wabika Aamantu, Wa'alaa Rizqika Afthortu, Birohmatika, Yaa Arhamar Roohimiin.” 

Artinya : “Ya Allah karana-Mu aku puasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-MU, Ya Allah, Tuhan Maha Pengasih.”


Selain dengan lafadz di atas, Anda juga dapat berbuka puasa dengan terlebih dahulu membaca doa berikut: 


ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ


Latinnya : “Dzahaba- Dzoma’u, Wabtalatil ‘Uruuqu, Wa Tsabatal Ajru, Insyaa Allah.” 

Artinya : “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

Nah, itulah sekilas pemaparan kami mengenai niat puasa senin kamis dan doa berbukanya dalam bahasa Arab lengkap dengan bacaan latin dan artinya. Semoga setelah mengetahui bacaan niat dan doa-doa tersebut, kita semakin termotivasi untuk belajar menunaikan ibadah puasa senin kamis mulai dari sekarang. 

Senin dan kamis adalah hari di mana malaikat datang untuk memeriksa amal perbuatan kita. Oleh karenanya sungguh lebih baik jika saat diperiksa kita tengah dalam kondisi berpuasa. Salam.




Share this post :

Posting Komentar

 
Support : ingatkembali.com Copyright © 2016-2018. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PT.M2C
Proudly powered by Presiden Online