Kartun Nabi Muhamad Diperlombakan Lagi di Belanda

Ingat Kembali
  Anggota parlemen Belanda Geert Wilders

"#KebebasanBerbicara harus menang melawan kekerasan dan fatwa Islam," tulis Geert Wilders

Amsterdam (INGATKEMBALICOM) -Anggota parlemen Belanda dari kubu sayap kanan-jauh, Geert Wilders, menyatakan bakal menggelar kembali lomba kartun Nabi Muhammad. Sebagaimana diketahui, kartun Nabi Muhammad telah memicu demonstrasi dan ancaman pembunuhan.

Dilansir AFP, Senin 30 Desember 2019, anggota parlemen dari Partai untuk Kebebasan (PVV) mengundang pengikut Twitter-nya untuk mengirimkan kartunnya.

"#KebebasanBerbicara harus menang melawan kekerasan dan fatwa Islam," tulisnya.

Berdasarkan pengumuman, acara tersebut akan diselenggarakan oleh DPR parlemen Belanda. Wilders sendiri awalnya merencanakan lomba kartun semacam itu pada 2018, saat itu kaum muslim marah, khususnya dari Pakistan. Wilders kemudian membatalkannya usai menerima ancaman bunuh.

Sehari setelah dia mengumumkan pembatalan rencana itu, seorang pria Afghanistan menusuk turis Amerika Serikat di stasiun utama Amsterdam
Pria tersebut mengatakan ingin melindungi Nabi Muhammad. Dia kemudian dihukum 26 tahun penjara.
Pada November lalu, pengadilan Belanda menghukum penjara 10 tahun terhadap 

seorang pria Pakistan yang merencanakan pembunuhan Wilders.
Wilders adalah pria 56 tahun yang dikenal denga model rambut tertentu dan penghasut anti-imigran dan anti-Islam lewat pernyataannya. Dia hidup dalam rumah aman dan diberi pengamanan 24 jam oleh pemerintah Belanda.