Home » , » 1 Muharam Pagi Ka'bah Gunakan Kiswah Baru

1 Muharam Pagi Ka'bah Gunakan Kiswah Baru

Written By Ingat Kembali on Sabtu, 30 Juli 2022 | Juli 30, 2022

 

Arab Saudi, INGATKEMBALIcomPemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kepresidenan Umum Urusan Masjidilharam dan Masjid Nabawi, pada Sabtu, 30 Juli 2022 pagi menghiasi Ka'bah suci dengan Kiswah baru. Momen ini bertepatan dengan tahun baru Islam, 1 Muharam 1444 H. 

Kiswah adalah selubung permadani penutup Ka'bah. Diganti tiap setahun sekali. Mulai tahun ini Kiswah diganti setiap 1 Muharam, berubah dari yang biasanya 9 Zulhijah.

Penggantian Kiswah Ka'bah dilakukan tim yang dipilih khusus oleh kerajaan. Kiswah yang lama biasanya disimpan, atau dikirimkan sebagai cendera mata kepada negara sahabat.

Kiswah baru terdiri dari empat sisi yang terpisah dan ada tirai untuk pintunya. Masing-masing dari empat sisi Ka'bah suci dinaikkan ke puncak, sebagai persiapan untuk melepas yang lama. 

Kiswah yang baru lalu ditarik ke atas dan diikat di bawah. Setelah itu kiswah lama dilepaskan ikatannya dari atas, sehingga jatuh. 

Setelah proses pengangkatan selubung selesai, diberi ikatan sabuk di setiap sisi. Garis keempat sisinya lalu dijahit.

Jumlah sabuk Kiswah Ka'bah adalah 16 buah. Ditambah enam lainnya untuk mengikat 12 lampu di bagian bawah.

Kiswah Ka'bah suci dibuat dari 850 kilogram sutra mentah, yang diwarnai hitam. Lalu 120 kilogram kawat emas, dan 100 kabel perak.

Sekitar 200 pekerja profesional dan administrator yang bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci, semuanya adalah warga negara yang terlatih, berkualitas, dan terspesialisasi. Demikian sumber berita seperti yang dilansir dari Saudi Press Agency.(Re/Fa/Ni/Sy/Vi)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Fanka | zeromaxx
Copyright © 2017. Ingat Kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by M2C
Proudly powered by FQA