Tema Debat Capres Malam Nanti

Ingat Kembali

Jakarta - INGATKBALI.com: Debat calon presiden (Capres) akan digelar untuk kali ketiga dalam putaran debat Capres 2024 yang digelar KPU dan merupakan debat yang kali kedua bagi capres. Debat ketiga ini akan mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Masyarakat dapat menyaksikan debat tersebut secara online, Minggu (7/1/2023). Baik di platform streaming maupun kanal Youtube Komisi Pemilihan Umum (KPU RI).

Sementara itu, debat capres juga disiarkan melalui stasiun TV dan radio. Khusus untuk debat ketiga bisa disaksikan MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV.

Debat capres dan cawapres diselenggarakan sebanyak lima kali hingga sebelum hari pemilihan 14 Februari 2024 mendatang. Para capres akan melakukan tiga kali debat, dan calon wakil presiden sebanyak dua kali.

Berikut informasi soal tanggal hingga tema debat capres dan cawapres:

Jadwal Debat :

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023

Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023

Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024

Debat Keempat: Minggu, 21 Januari 2024

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

Tema dan Format Debat :

Tema debat pertama (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Tema debat kedua (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Tema debat ketiga (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Tema debat keempat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Tema debat kelima (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.(Na/By/Sa/Ar/Na)