Indonesia Mengutuk Keras Politisi Swedia Pembakakar Al-Quran

Ingat Kembali

"Indonesia mengutuk keras aksi pembakaran Kitab Suci Al-Quran oleh Rasmus Paludan, politisi Swedia,"Kementerian Luar Negeri RI dikutip dari laman resmi Twitter Kemenlu RI, Minggu, 22 Januari 2023

Jakarta,INGATKEMBALIcom: Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyatakan, mengutuk keras aksi pembakaran Kitab Suci Al-Quran oleh politisi Swedia Rasmus Paludan. Aksi itu terjadi di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia, Sabtu, 21 Januari 2023

Bahkan, kecaman juga datang dari Pemerintah Swedia hingga negara negara Arab. Pemerintah Turki juga langsung membatalkan kunjungan ​Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson, dengan agenda keanggotaan NATO.

"Indonesia mengutuk keras aksi pembakaran Kitab Suci Al-Quran oleh Rasmus Paludan, politisi Swedia, pada Sabtu di Stockholm. Aksi penistaan kitab suci ini, telah melukai dan menodai toleransi umat beragama," kata Kementerian Luar Negeri RI dikutip dari laman resmi Twitter Kemenlu RI, Minggu, 22 Januari 2023

Rasmus Paludan adalah pemimpin Partai Politik Sayap Kanan Denmark Hard Line (Garis Keras), dan juga berkewarganegaraan Swedia. Bukan kali pertama Paludan melakukan aksi pembakaran Kitab Suci Umat Islam Al-Quran.

Paludan telah memulai aksi pembakaran Al-Quran sejak April 2022, bahkan mengumumkan "tur pembakaran Al-Quran". Saat itu, dia menyatakan akan melakukan pembakaran Al-Quran selama Bulan Suci Ramadan, dan memicu kerusuhan di Swedia.

Pemerintah Turki juga menyatakan, mengutuk keras aksi Paludan di depan Kedubes Turki. "Kami mengutuk sekeras mungkin serangan keji terhadap kitab suci kami," kata Kementerian Luar Negeri Turki dilansir dari laman Aljazeera, Minggu.

"Mengizinkan tindakan anti-Islam ini, yang menargetkan umat Islam, dan menghina nilai-nilai suci kami. Dengan kedok kebebasan berekspresi, sama sekali tidak dapat diterima," ujar Kemenlu Turki.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga tidak berdiam diri. Cavusoglo mengatakan, aksi tersebut adalah sebuah kegagalan otoritas Swedia karena tidak dapat melarang.

"Itu tindakan rasis, ini bukan tentang kebebasan berekspresi,” kata Cavusoglo. Bahkan, Pemerintah Turki langsung membatalkan kunjungan Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson. 

Padahal, kunjungan Jonson guna mengatasi keberatan Turki terhadap keanggotaan NATO. Swedia membutuhkan dukungan Turki untuk masuk ke aliansi militer, karena ketakutan di Eropa.

Swedia baru menyatakan bergabung dengan NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina, pada tahun 2022 lalu. Sebelumnya, Swedia adalah negara netral.

Beberapa negara Arab kali ini juga langsung merespons aksi Paludan membakar Al-Quran. Arab Saudi, Yordania, dan Kuwait turut mengecam pebuatan Paludan di Swedia itu.

"Arab Saudi menyerukan untuk menyebarkan nilai-nilai dialog, toleransi, dan hidup berdampingan. Dan (kami, red) menolak kebencian dan ekstremisme,” kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan.

Masyrakat Turki bahkan turut memprotes aksi Paludan langsung di depan Kedutaan Swedia di Ankara. Selain itu, demonstrasi terkait kecaman terhadap Paludan membakar Al-Quran juga dijadwalkan di Istanbul, Turki, Sabtu malam.

Namun, Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom turut mengatakan, provokasi Islamofobia sangat mengerikan. "Swedia memiliki kebebasan berekspresi yang luas," kata Billstrom di Twitter dilansir dari laman Reuters, Minggu.

"Tetapi, itu tidak berarti bahwa Pemerintah Swedia, atau saya sendiri, mendukung pendapat yang diungkapkan (Paludan, red)," kata Billstrom. (Na/By/Sa/Ar/Na)

Tags