Ogah Salam Pemain Israel Tim Basket Irlandia Didenda

Ingat Kembali

"Tim yang memboikot pertandingan dengan Israel akan "mendapat denda besar dari FIBA hingga 180 ribu Euro,"CEO Bola Basket Irlandia, John Feehan


Latvia - INGATKEMBALIcom: Tim nasional (timnas) bola basket wanita Irlandia menghadapi kemungkinan sanksi denda setelah menolak bersalaman dengan pemain Israel dalam laga Kualifikasi Basket Wanita Euro 2025 yang digelar Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).


Dalam laga yang digelar pada Kamis, 08 Febuari 2024 di Latvia, timnas Irlandia sengaja 'mengacuhkan' pemain Israel.


Saat upacara sebelum pertandingan di Riga, ibu kota Latvia, para timnas Irlandia memilih menyanyikan lagu kebangsaan di pinggir lapangan sementara pemain Israel berdiri di lapangan.


Dikutip dari Anadolu Agency, timnas Irlandia menghadapi kemungkinan sanksi denda atas laporan memboikot pertandingan melawan Israel.


Diketahui, CEO Bola Basket Irlandia, John Feehan, mengatakan bahwa tim yang memboikot pertandingan dengan Israel akan 


"mendapat denda besar dari FIBA hingga 180 ribu Euro."

Selain denda tersebut, denda sebesar 100 ribu Euro juga akan diberikan pada timnas Irlandia jika pertandingan kedua melawan Israel tidak dimainkan.


Tak hanya denda, aturan kompetisi FIBA juga berpotensi membuat timnas Irlandia dikeluarkan dari Kualifikasi Basket Wanita Euro 2025 dan kualifikasi dalam laga lainnya, yang menyebabkan larangan efektif selama lima tahun, dilansir Palestine Chronicle.


Sebagai informasi, pertandingan antara Irlandia vs Israel seharusnya berlangsung pada November 2023 lalu, namun ditunda karena agresi Israel ke Gaza


Laga kemudian dijadwal ulang ke tempat netral di Latvia pada Kamis lalu.


Dukungan Irlandia terhadap Palestina sudah berlangsung sejak lama.


Pada 1980, Irlandia membuat sejarah dengan menjadi anggota Uni Eropa pertama yang secara resmi menyerukan pembentukan negara Palestina.


Meski masyarakat Irlandia tidak dikenal anti-semitisme, pemerintah dan rakyatnya pada umumnya memiliki empati mendalam terhadap perjuangan Palestina.(Na/By/Sa/Ar/Na)

Tags